Kanopi adalah bagian dari sebuah unit properti yang berwujud atap tambahan. Sebagai bagian dari struktur bangunan, kanopi ini akan berfungsi untuk melindungi unit properti dari panas dan hujan. Pengaplikasian kanopi ini biasanya bisa kita dapati di bagian depan atau samping dari sebuah unit properti.

Dengan kehadiran kanopi maka akan muncul ruang baru yang bisa digunakan untuk beberapa keperluan seperti area bermain, garasi dan dan carport, gudang, taman dan lainnya. Meski punya fungsi sebagai tambahan ruang, namun keberadaan kanopi yang terlihat dari luar membuat Anda juga perlu menghadirkan nilai estetika pada bagian ini. Nah berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menghadirkan kanopi pada properti.

  1. Kenali Jenis-jenis Kanopi

Sebelum memasang kanopi, Anda memang perlu memahami beberapa jenis kanopi, yaitu :

Atap Kanopi uPVC DR.SHIELD

kanopi lengkung DR.SHIELD

Baca Juga : Keuntungan menggunakan atap DR.SHIELD

Bila kamu ingin atap yang awet, murah, aman, nyaman dan mudah pemasangannya, bisa menerapkan kanopi jenis uPVC DR.SHIELD. Atap uPVC yang terbuat dari bahan Unplasticized Polyvinyl Chloride ini memang dikenal sebagai material yang cocok digunakan untuk negara tropis yang memiliki intensitas cuaca panas dan hujan tinggi. Jadi meski hujan dan panas datang terus-menerus, Anda tak perlu khawatir karena kanopi atap uPVC DR.SHIELD ini akan tetap kokoh dan awet.

Atap Polycarbonate

Atap bening polycarbonate

Rekomendasi atap Bening Polycarbonate terbaik

Jenis kanopi pertama yakni kanopi atap polikarbonat. Sesuai namanya maka jenis kanopi ini akan menggunakan atap polycarbonate (polikarbonat) yang dibuat dari plastik berongga. Atap dengan bahan polikarbonat sendiri memiliki berbagai warna, model dan desain.

Atap Kanopi Spandek/Zyncalum

Berikutnya, ada kanopi jenis spandek yang memiliki bentuk bergelombang. Kanopi yang menggunakan atap yang lebih kaku ini memiliki tingkat keawetan yang lebih dari pada atap polikarbonat. Atap yang dibuat dari campuran bahan aluminium dan seng ini memiliki ketahanan dalam waktu yang lama.

Atap Kanopi Kaca

Jika kamu ingin kanopi yang lebih memiliki nilai estetik (keindahan), maka kanopi kaca bisa dijadikan pilihan. Selain mampu menghadirkan keindahan, kanopi dengan atap kaca ini bisa menciptakan suasana yang lebih luas dan terbuka saat berada di bawahnya.

2. Tips Memasang Kanopi

Agar kamu mendapatkan kanopi yang tepat dan banyak gunanya, bisa menerapkan beberapa tips pemasangannya berikut ini:

  • Pertama, aturlah anggaran pembuatan kanopi ini dengan baik. Pastikan budget untuk pembuatan kanopi ini tidak membebani finansial Anda.
  • Agar budget sesuai dengan keadaan finansial, pastikan memilih material rangka dan atap yang sesuai kebutuhan. Pastikan pula Anda memilih material yang tahan lama agar tidak sering mengeluarkan untuk biaya perawatan atau perbaikan.
  • Jangan lupa ukur luas lahan yang akan di pasang kanopi. Dari ukuran ini juga Anda akan mendapatkan gambaran biaya yang akan dikeluarkan.
  • Terakhir, pilih jasa pemasangan kanopi terbaik dan berpengalaman.

3. Kenali Dua Bagian Kanopi

Kanopi sendiri terdiri dari dua bagian utama yaitu rangka dan atap. Karena akan berfungsi sebagai peyangga rumah maka pada bagian rangka ini Anda harus memperhatikan kekuatannya. Usahakan rangka atap kanopi ini menggunakan bahan yang kokoh dan tidak cepat berkarat. Beberapa bahan yang cocok untuk kanopi ini yaitu besi, baja serta kayu yang berkualitas.

Sementara itu pada bagian atap, Anda juga perlu memperhatikan dengan seksama. Tidak hanya harus kokoh dan tahan lama, Anda juga harus memastikan atap kanopi ini mampu menghadirkan kenyamanan dan juga anti bocor.

Gunakan Atap Kanopi uPVC DR.SHIELD

atap upvc premium DR.SHIELD ekstra lebar

Nah supaya Anda mendapatkan atap kanopi yang kokoh, awet dan nyaman dengan harga terjangkau maka atap uPVC DR.SHIELD bisa dijadikan pilihan. Kenapa harus atap uPVC DR.SHIELD? Sebab atap ini memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan sehingga Anda pun akan memperoleh kepuasan. Berikut beberapa kelebihan dan keuntungan menggunakan atap uPVC DR.SHIELD:

  1. Punya fitur interlocking system atau sistem penguncian antar atap yang membuat sambungan antar atap lebih presisi serta anti bocor.
  2. Ada juga fitur preasure release system yang berguna untuk mengalirkan tekanan udara pada sambungan atap.
  3. Tahan lama dan lebih awet hingga 15 tahun penggunaan (garansi).
  4. Lebih tahan api karena adanya unsur chlorine (garam) pada atap uPVC.
  5. Menghadirkan kenyamanan dari panas sinar matahari dan juga suara bising.
  6. Minim perawatan karena anti karat dan tidak cepat rusak.
  7. Harga lebih terjangkau dibanding atap kaca dan juga material aluminium.
  8. Banyak pilihan warna (white doff, blue doff, dark blue doff, translucent).
  9. Banyak pilihan produk dengan berbagai ukuran sehingga bisa disesuaikan kebutuhan sehingga lebih hemat.
  10. Karena atap ini mempunyai sifat yang solid dan tahan air, maka akan membuat rumah Anda aman dari kebocoran.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kanopi